Karena Sadap-mu Indonesia Marah!

20 Nov 2013

penulisan namanya aja sudah salah Susilo Bang Bang Yudhoyono

penulisan namanya aja sudah salah Susilo Bang Bang Yudhoyono

Hubungan baik Indonesia dan Australia tiba tiba kembali dipertanyakan, setelah senin lalu terungkap di media bahwa telepon Presiden RI dan Ibu Negara Ani Yudhoyono, mantan juru bicara luar negeri Presiden SBY dan mantan Duta Besar Indonesia untuk AS, Dino Patti Djalal, mantan juru bicara kepresidenan, Andi Mallarangeng; mantan Mensesneg Hatta Radjasa, mantan Wapres Jusuf Kalla, mantan Menteri Keuangan yang kini menjabat sebagai Direktur Grup Bank Dunia, Sri Mulyani Indrawati, mantan Menteri BUMN Sofyan Djalil dan mantan Menkopolkam Widodo Adi Sucipto disadap Badan Inteligen Australia tahun 2009 lalu.

Semuanya baru terungkap setelahpemberitaan Sydney Morning Herald (SMH) dan Guardian, melaporkan berdasarkan pada dokumen yang dibocorkan mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional (NSA) Amerika Serikat, Edward Snowden.

Akankah permasalahan ini akan mereda dengan sendirinya ? Bisakah Indonesia melupakan perlakuan Australia ini begitu saja ? Apakah Rakyat Indonesia dirugikan untuk kedua kalinya jika tidak “berteman” lagi dengan Australia setelah disadap kemudian bermusuhan ? ah .. sebagai seorang blogger tentunya saya tidak mengerti apa sebenarnya yang terjadi selama penyadapan dan efek setelahnya. yang saya pahami rakyat Indonesia HARUS MARAH atas kekurang ajaran Australia ini yang sudah melampaui etika berteman dengan negara tetangganya.

PM Tony Abbott hingga saat ini masih tak mau meminta maaf meski mengatakan tetap menghormati Indonesia dan menganggap Presiden SBY sebagai sahabat terbaik Australia. Setiap pemerintah mengumpulkan informasi, dan mereka (Indonesia) pun tahu bahwa pemerintah negara lain melakukan hal serupa, ujar Abbott di hadapan parlemen Australia. (dikutip dari pemberitaan VivaNews)

Sahabat Terbaik ? aha .. begitukah cara memperlakukan seorang sahabat dengan “memata matai” semua ucapannya, bukankan dengan memata-matai itu adalah tindakan seseorang yang mungkin membenci kita dan ingin mengetahui segala urusan kita ?

Australia ! Segeralah meminta maaf, jika tidak mau kami persulit karena kita bertetangga dekat ! Karena Sadap-mu Indonesia Marah !

Foto : diambil dari twitter om @ndorokakung



TAGS Kriminal


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post